Sistem Kemudi

Diposkan oleh Akhid Ikhsannudin on Selasa, 03 Januari 2012


SISTEM KEMUDI

Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur  arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column akan meneruskan tenaga putarannya ke steering gear. Steering gear memperbesar  tenaga putaran ini sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage. Tipe sistem kemudi yang digunakan tergantung dari model kendaraan (sistem pemindah daya dan suspensinya, apakah kendaraan atau penumpang komersil dan sistemnya). Tipe yang digunakan sekarang adalah recrculating ball dan rack and pinion, khususnya untuk kendaraan penumpang.

Bagian umum pada sistem kemudi :
·         Steering column
·         Steering gear
·         Steering linkage

STEERING COLUMN
Steering column terdiri dari main shaft  yang meneruskan putaran roda kemudi ke steering gear, dan column tube  yang mengikat main shaft ke bodi. Ujung atas dari main shaft dibuat meruncing dan bergigi, dan roda kemudi diikatkan di tempat tersebut dengan sebuah mur.
Steering column juga merupakan mekanisme penyerap energi  yang menyerap gaya  dorong dari pengemudi pada saat  terjadinya kecelakaan. Steering column dipasang pada bodi melalui bracket column tipe breakaway sehingga steering column dapat bergeser turun pada saat terjadinya kecelakaan.
Bagian bawah main shaft dihubungkan pada steering gear melalui flexible joint atau universal joint yang berfungsi untuk memperkecil pengiriman  kejutan yang diakibatkan oleh keadaan  jalan dari steering gear ke roda kemudi.
Disamping mekanisme penyerap energi pada steering column kendaraan tertentu terdapat sistem control kemudi. Misalnya mekanisme steering lock untuk mengunci main shaft, mekanisme tilt steering untuk memungkinkan pengemudi menyetel posisi vertikal roda kemudi. Telescopic steering untuk mengatur panjang main shaft, agar diperoleh posisi yang sesuai.
 
STEERING GEAR
Steering gear  tidak saja berfungsi untuk mengarahkan roda depan, tetapi dalam waktu yang bersamaan juga berfungsi sebagai gigi produksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. 
Untuk itu diperlukan perbandingan reduksi  ysng disebut juga perbandingan steering gear, dan biasanya perbandingannya antara 18 sampai 20 : 1. Perbandingan yang semakin besar akan menyebabkan kemudi semakin ringan akan tetapi jumlah putaran akan bertambah banyak untuk sudut belok yang sama. Ada beberapa tipe steering gear tetapi yang banyak digunakan adalah recirculating dan rack and pinion.
Tipe recirculating


Tipe rack and pinion
 
STEERING LINKAGE
Steering linkage terdiri dari rod dan arm  yang meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda depan. Walaupun kendaraan bergerak naik turun,gerakkan  roda kemudi harus diteruskan ke  roda-roda depan dengan sangat tepat setiap saat.  




Sumbet New Step 1 Trainning Manual

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar