SISTEM KEMUDI
Fungsi sistem kemudi adalah untuk
mengatur arah kendaraan dengan cara
membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column akan
meneruskan tenaga putarannya ke steering gear. Steering gear memperbesar tenaga putaran ini sehingga dihasilkan momen
yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage. Tipe
sistem kemudi yang digunakan tergantung dari model kendaraan (sistem pemindah
daya dan suspensinya, apakah kendaraan atau penumpang komersil dan sistemnya).
Tipe yang digunakan sekarang adalah recrculating ball dan rack and pinion,
khususnya untuk kendaraan penumpang.
Bagian umum pada sistem kemudi :
·
Steering column
·
Steering gear
·
Steering linkage
STEERING COLUMN
Steering column terdiri dari main
shaft yang meneruskan putaran roda
kemudi ke steering gear, dan column tube
yang mengikat main shaft ke bodi. Ujung atas dari main shaft dibuat
meruncing dan bergigi, dan roda kemudi diikatkan di tempat tersebut dengan
sebuah mur.
Steering column juga merupakan
mekanisme penyerap energi yang menyerap
gaya dorong dari pengemudi pada
saat terjadinya kecelakaan. Steering
column dipasang pada bodi melalui bracket column tipe breakaway sehingga
steering column dapat bergeser turun pada saat terjadinya kecelakaan.
Bagian bawah main shaft
dihubungkan pada steering gear melalui flexible joint atau universal joint yang
berfungsi untuk memperkecil pengiriman
kejutan yang diakibatkan oleh keadaan
jalan dari steering gear ke roda kemudi.
Disamping mekanisme penyerap energi
pada steering column kendaraan tertentu terdapat sistem control kemudi.
Misalnya mekanisme steering lock untuk mengunci main shaft, mekanisme tilt
steering untuk memungkinkan pengemudi menyetel posisi vertikal roda kemudi.
Telescopic steering untuk mengatur panjang main shaft, agar diperoleh posisi
yang sesuai.
STEERING GEAR
Steering gear tidak saja berfungsi untuk mengarahkan roda
depan, tetapi dalam waktu yang bersamaan juga berfungsi sebagai gigi produksi
untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan.
Untuk itu diperlukan perbandingan
reduksi ysng disebut juga perbandingan
steering gear, dan biasanya perbandingannya antara 18 sampai 20 : 1.
Perbandingan yang semakin besar akan menyebabkan kemudi semakin ringan akan
tetapi jumlah putaran akan bertambah banyak untuk sudut belok yang sama. Ada
beberapa tipe steering gear tetapi yang banyak digunakan adalah recirculating
dan rack and pinion.
Tipe recirculating
Tipe rack and pinion
STEERING LINKAGE
Steering linkage terdiri dari rod
dan arm yang meneruskan tenaga gerak
dari steering gear ke roda depan. Walaupun kendaraan bergerak naik
turun,gerakkan roda kemudi harus
diteruskan ke roda-roda depan dengan
sangat tepat setiap saat.
Sumbet New Step 1 Trainning Manual
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar