Caliper gauge

Diposting oleh Unknown on Kamis, 19 April 2012


Caliper Gauge


Caliper gauge ialah alat ukur yang  mempergunakan dial gauge. Ada dua tipe caliper gauge yaitu inside caliper dan outside caliper. Inside calipr biasanya digunakan untuk mengukur komponen kendaraan sedangkan outside caliper untuk mengukur diameter yang kecil yang tidak dapat diukur dengan menggunakan inside micrometer.
 
Metode Pengukuran 

  • Ukurlah diameter dalam (inside diaeteder) dengan vernier caliper. Katakan saja hasil pengukurannya 8,40 mm, selanjutnya micrometer di set ke angka yang mendekati hasil pengukuran vernier dan kelipatan dari 0,5 mm yang mendekai pembacaan yaitu 8,50 mm
  • Tempatkan kaki-kaki caliper diantara anvil dan spindle micrometer. Gerakkan caliper sampai didapat angka yang terkecil  Kemudian putarlah outer ring sampai angka nol lurus dengan jarum penunjuk.
  • Tekanlah tombol caliper gauge lambat-lambat letakkan lug pada bagian dalam pekerjaandan bebaskan tombol. Gerakkan caliper sampai didapat pembacaan terkecil. Jika pembacaan menunjukkan 0,09 mm artinya diameterdalam adalah 0,07 lebih kecil dan 8,50 mm. jadi diameter dalam ialah 8,43 mm (8,50-0,07)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar