Vernier Kaliper (Jangka Sorong)

Diposkan oleh Akhid Ikhsannudin on Kamis, 15 Maret 2012


VERNIER KALIPER (JANGKA SORONG)

Setelah sebelumnya membahas kunci momen sekarang kita bahas tentang vernier caliper. Venier caliper yaitu skala utama dan skala vernier yang digunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam dan kedalaman.






Prinsip Pengukuran
Skala utama (main scala) dan skala vernier digunakan untuk mengukur jarak kecil dengan cara mencari perbedaan antara dua tanda. Metode ini disebut prinsip pengukuran vernier. 
Membaca Hasil Nilai Pengukuran

Cara membaca skala dari jangka sorong adalah dengan membaca terlebih dulu skala utamanya seperti membaca penggaris, lalu jumlahkan dengan skala nonius (vernier) dikali 0,01 cm. Misalkan dari gambar di samping, skala utama terbaca 0,3 cm lebih (lihat skala yang sebelah paling dekat nol dari nonius). Pembacaan nonius adalah 3 x 0,01 cm = 0,03 cm (lihat garis nonius yang berimpit dengan skala utama). Sehingga panjang benda yang diukur adalah 0,3 cm + 0,03 cm = 0,33 cm. 

Menangani Vernier Kaliper
  • Sebelum diukur bersihkan dulu baik benda maupun vernier caliper
  • Sebelum digunakan, periksalah bahwa vernier bergeser dengan bebas dan  angka “0” pada   kedua skala sejajar dengan tepat.
  • Sewaktu mengukur usahakan benda yang diukur sedekat mungkin ke skala utama.Pengukuran diujung gigi pengukuran menghasilkan pembacaan kurang akura.
  • Tempatkan vernier caliper tegak lurus dengan benda yang diukur
  • Untuk mencegah salah baca, bacalah langsung dari atas strip yang tepat
  •  Untuk mencegah karat, bersihkan vernier caliper dengan kain oleh oli setelah dipakai.


Sumber New Step 1 Training Manual

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar